Pentatonic major scale banyak muncul pada pengusung modern blues, jazz blues seperti misalnya sang legendaris B.B. King dan dari orang jazz ada George Benson yang ciamik memadukan pentatonic major dengan nada ke 6 (biasanya ditulis chord 6th). Saya sendiri sering menyebutnya sebagai melodi 6 atau seperti nada dominanth 7 saya sebut sebagai melodi 7. Sebutan itu cuma untuk memudahkan bahwa solo/melodi yang kita mainkan bernuansa nada ke 6 (la). Atau kalau chord A mendapat tambahan nada 6 akan menjadi A6. Kalau kita dengarkan solo dari B.B. King yang indah, maka kita harus menguasai pentatonic major dengan baik. Agar nuansa lick menjadi muncul diantara nada chord 7 seperti A7, D7 dan E7 serta diselingi dengan chord 6.
Berikut contoh penekanan permainan pentatonic major atau juga solo yang kental dengan nuansa nada ke 6. Semua contoh pada basic lesson sengaja dibuat pelan agar pemula lebih mudah mendengarkan setiap perbedaan scale.
Pelajari dan bandingkan pola pentatonic major dan posisi chord A6 berikut.
sumber : http://www.madeblues.com